Jenis Penyakit Kulit di Sekitar Kita

Anda perlu mengenali beberapa jenis penyakit kulit karena ini sangatlah penting dalam masalah kesehatan. Seperti apakah jenis- jenis penyakit kulit yang ada? Mari kita lihat pembahasan nya dibawah ini.

Timbulnya penyakit pada kulit bisa karena penyakit alergi, terkena virus ataupun penyebab lain. Dibawah ini merupakan jenis atau macam-macam penyakit kulit yang sering kita temui dan alami oleh kalangan masyarakat khususnya di lingkungan sekitar kita.

Macam- macam penyakit kulit

  1. Penyakit Eksim
    Gejala utama yang dirasakan oleh penderitanya adalah adanya rasa gatal yang sangat berlebihan pada kulit yang disertai dengan memerah nya pada bagian kulit luar, bersisik dan pecah- pecah. Timbulnya gelembung – gelembung kecil yang mengandung air atau bisa juga nanah. Penyakit ini biasanya senang menyerang di daerah tangan, kaki, telinga dan lipatan paha. Eksim terbagi menjadi 2 bagian yaitu eksim kering dan eksim basah.Pada eksim basah biasanya pada kulit akan terasa panas dan dingin yang berlebihan. Eksim juga disebabkan karena alergi oleh rangsangan terhadap zat- zat tertentu seperti zat kimia tertentu seperti dalam sabun detergen, sabun, obat-obatan dan kosmetik, kepekaan terhadap jenis makanan tertentu seperti udang, ikan laut, telur, dan ikan asin, daging pepes ikan mas, daging ayam, vetsin (MSG) dan lain- lain. Eksim juga dapat disebabkan dari serbuk sari tanaman, debu dan iklim bahkan gangguan emosi juga bisa menyebabkan alergi pada seseorang.
  1. Penyakit Bisul
    Bisul merupakan infeksi kulit. Benjolan yang memerah dan akan membesar, benjolan ini berisi nanah dan menimbulkan rasa sakit yang amat sangat panas dan berdenyut. Bisul juga bisa tumbuh dimana saja pada bagian tubuh, namun lebih banyak tumbuh didaerah lembab seperti misalnya pada lipatan paha, sela- sela bokong, sekitra leher dan juga kepala.
  1. Penyakit campak
    Penyakit akut menular ini disebabkan oleh virus, biasanya menyerangnya pada anak-anak. Gejala awal campak adalah demam, pilek, bersin, badan lesu, sakit kepala, nafsu makan berkurang atau menurun drastis, radang mata. Dan setelah beberapa hari dari sejak gejala tersebut akan timbul ruam- ruam merah yang gatal, bertambah besar dan ruam – ruam tersebut akan menyebar ke seluruh tubuh.
  1. Penyakit Kudis
    Kudis adalah penyakit yang disebabkan oleh parasit yang bernama tungau yang dapat menyebabkan gatal.  Kulit terjangkit penyakit kudis lebih banyak terjadi di daerah kumuh dimana orang- orang tidak benar- benar menjaga kebersihan tubuh. Gejala kudis karena adanya rasa gatal yang begitu hebat pada malam hari dimana seseorang sedang tidur, terutama di sela-sela jari kaki, tangan, dibawah ketiak dan lain-lain. Kudis sangat gampang menular pada orang lain, secara langsung maupun tidak langsung.
  1. Penyakit Kurap
    Kurap terjadi karena jamur. Yang biasanya menjadi gejalanya adalah kulit terasa tebal dan pada kulit timbul lingkaran-lingkaran yang kelihatan semakin jelas, bersisik, lembab dan berair dan terasa gatal. Kemudian lingkaran-lingkaran nya itu akan timbul bercak-bercak putih.  Penyakit kurap bisa timbul dikarenakan kurangnya kesadaran seseorang untuk menjaga kebersihan kulit. Bagian tubuh yang biasanya terserang kurap yaitu tengkuk, leher, dan kulit kepala.
  1. Penyakit Jerawat
    Hampir sekitar 80% manusia pernah memiliki jerawat. Jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang dikarenakan oleh bakteri yang tumbuh di kulit. Jerawat dapat berkembang jika pengobatan tidak di lakukan di awal kemunculannya. Jerawat tidak hanya tumbuh di wajah, tetapi juga bisa tumbuh di bagian tubuh lain terutama punggung.
  1. Penyakit Herpes
    Penyakit kulit menular ini disebabkan oleh adanya infeksi virus dan bakteri, itulah yang membedakan jenis penyakit herpes,

Demikianlah informasi mengenai berbagai macam dan Jenis Penyakit Kulit Yang sangat Mengganggu dan membuat risih serta sangat berbahaya. Semoga Dengan Adanya Informasi Ini, Kita bisa lebih awal dalam mengatasinya.