Macam-macam Bentuk Selaput Dara pada Wanita

Selaput dara bagi seorang wanita merupakan sesuatu yang sensitif dan berkaitan erat dengan masalaha keperawanan. Banyak kaum pria yang mengatakan jika ingin melihat apakah wanita itu masih perawan atau tidak, maka lihatlah selaput dara apakah sobek atau tidak. Padahal menurut penelitian antara keperawanan dan selaput dara merupakan dua hal yang berbeda.

Selaput dara merupakan sebuah lapisan tipis yang merentang pada vagina seorang wanita. Namun tahukah Anda bahwa ternyata selaput dara itu mempunyai bentuk yang berbeda-beda. Biasanya pada wanita normal, bentuk selaput dara nya seperti setengah bulan yang mengelilingi lingkaran vagina.

Selaput dara atau hymen dapat mengalami kerusakan yaitu berupa terjadinya perobekan pada selaput dara yang disebabkan oleh hubungan intim atau oleh aktivitas-aktivitas lain seperti berolahraga, bersepeda, cedera, berolahraga, pemeriksaan vagina atau masturbasi.

Terdapat berbagai macam bentuk selaput dara yang biasanya terjadi pada wanita yaitu,

  • Microperforate Hymen, yaitu bentuk dimana keadaan selaput dara hampir sepenuhnya menutup lubang vagina, namun tetap saja dalam hal ini darah haid masih dapat keluar. Akan tetapi, pada wanita yang masih perawan mungkin tidak dapat menggunakan tampon.
  • Selaput dara Annular, merupakan bentuk selaput dara yang umumnya ditemukan pada wanita normal, dimana bentuknya bulat penuh seperti cincin.
  • Septate Hymen, ini merupakan bentuk selaput dara yang terdiri dari dua bukaan atas vagina. kondisi selaput dara yang seperti ini tidak akan menghentikan aliran darah haid, tapi dapat memblokir penggunaan tampin pada wanita yang masih perawan. Jika wanita yang masih perawan tidak menggunakan tampon, tidak akan menyebabkan masalah sebelum kehilangan keperawanannya, tapi dapat menjadi masalah saat melakukan hubungan seksual pertama kali. Untuk itu, jika Anda mengalami kondisi tersebut maka segera lakukan operasi kecil.
  • Imperforate Hymen, merupakan bentuk selaput dara yang tidak sepenuhnya menutupi pembukaan vagina. Kondisi seperti ini tidak akan terdiagnosis sampai usia seorang gadis memasuki masa pubertas dan haid pertama dan darah tidak mengalir keluar vagina.

Itu merupakan beberapa bentuk selaput dara menurut penelitian secara klinis. Namun jika selaput dara Anda mengalami perubahan dikarenakan adanya suatu hal, maka Anda dapat melakukan beberapa operasi untuk memperbaiki bentuk selaput dara Anda.

Berikut ini adalah beberapa operasi yang dapat Anda lakukan untuk memperbaiki bentuk selaput dara Anda:

  • Hymenoplasty
    Ini merupakan salah satu bentuk operasi kosmetik yang biasanya dilakukan untuk memperbaiki selaput dara yang rusak karena alasan pribadi. Beberapa wanita melakukan operasi ini disebabkan oleh alasan pribadi atau karena keyakinan spiritual atau karena kebutuhan.
  • Hymenectomy
    Ini merupakan salah satu operasi prosedur bedah yang digunakan untuk membuka selaput dara yang berbentuk microperforate, septate atau imperforata.

Itulah beberapa bentuk serta beberapa operasi selaput dara yang biasanya dilakukan untuk memperbaiki selaput dara yang rusak. Untuk itu selalu perhatikan kebersihan organ kelamin Anda serta pelajarilah pendidikan seks yang baik untuk menjaga keperawanan Anda sebelum menikah.

Jika Anda ingin berkonsultasi lebih jauh mengenai hal ini, Anda dapat melakukan konsultasi online dengan mengklik tulisan konsultasi di bawah ini.

One thought on “Macam-macam Bentuk Selaput Dara pada Wanita

  1. I have noticed that your website needs some fresh
    articles. Writing manually takes a lot of time, but there is tool for this boring task, search for: Wrastain’s tools for content

Leave a Reply

Your email address will not be published.